TEMPO/Ayu Ambong
Topik
Makan Perlahan Mengendalikan Selera
TEMPO Interaktif, Jakarta -Saran orang tua agar anak-anak makan perlahan-lahan ternyata ada benarnya. Sebuah penelitian membuktikan menikmati tiap kunyahan dan makan perlahan akan meningkatkan kendali selera makan alami tubuh.
“Kita sudah sering mendengar makan tergesa-gesa akan berakhir pada kelebihan makan dan obesitas. Kini penelitian ini mendukung hal tersebut,” kata Dr. Alexander Kokkinos, pemimpin penelitian dalam pernyataan tertulisnya.
Kokkinos dan para koleganya di Athens University Medical School, Yunani dan Imperial College London, di Inggris meneliti 17 orang pria sehat. Sambil menikmati es krim dalam dua kondisi. Pertama makan es krim dalam dua porsi besar dalam waktu lima menit. Percobaan kedua dengan makan es krim dalam porsi kecil selama 30 menit.
Peneliti menemukan ketika mereka makan perlahan, kadar dua jenis hormon dalam darah mereka jadi lebih tinggi. Yaitu peptide YY (PYY) dan glucagon-like peptide 1 (GLP-1) – rata-rata tiga jam setelah makan.
“PYY dan GLP-1 dilepaskan dari pencernaan sebagai signal “kenyang” dan berhenti makan ke otak,” kata Kokkinos. Pelepasan hormon inilah kendali selera dan asupan kalori. Temuan ini akan dipublikasikan sebagai isu terbaru Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism
Temuan ini jadi relevan di masa ketika orang banyak bergantung pada makanan cepat saji dan mereka yang makan sambil menjalankan kesibukan mereka.
Penelitian lain sebelumnya menemukan, bahwa ketika orang menguyah perlahan dan menikmati makanannya, mereka cenderung makan lebih sedikit kalori dibanding jika mereka makan makanan yang sama dengan tergesa-gesa.
REUTERS