foto

IMAGES.GOOGLE.CO.ID



Soft Drink Ancam Pankreas

TEMPO Interaktif, Jakarta - Lagi-lagi efek negatif soft drink bagi kesehatan. Berdasarkan studi terbaru mengkonsumsi dua atau lebih soft drink per minggu meningkatkan risiko berkembangnya peluang kanker pankreas yang mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Studi Mark Pereira, Ph.D., professor associate di School of Public Health di University of Minnesota, juga penulis Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, pada jurnal American Association for Cancer Research yang dirilis awal pekan ini, menyebutkan “Mereka yang mengkonsumsi minuman ringan secara teratur, yang didefinisikan sebagai minuman berkarbonasi terutama minuman manis, cenderung mempunyai profil perilaku buruk secara keseluruhan.”

Namun, efek minuman ini pada kanker pankreas memang unik. “Kadar gula yang tinggi pada soft drink meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang menurut pemikiran kami hal ini berkontribusi pada tumbuhnya sel kanker pankreas,” ungkap Pereira.

Pereira dan koleganya menyertakan 60.524 pria dan wanita di Singapore Chinese Health Study selama 14 tahun. Selama itu, terdapat 140 kasus kanker pankreas pada mereka yang mengkonsumsi dua atau lebih soft drinks per minggu (rata-rata lima per minggu). Peningkatan risikonya sampai 87 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.