foto

Sereal dan susu. Dok: StockXpert


Topik


Kalsium Memperpanjang Hidup Anda

TEMPO Interaktif, Swedia - Peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, melaporkan survei mereka bahwa mengkonsumsi kalsium lebih banyak dapat memperpanjang 25 persen masa hidup manusia.

“Asupan kalsium dengan jumlah tertentu akan mengurangi semua penyebab kematian,” kata Joanna Kaluza, peneliti di institut itu kepada Reuters (12/3). Asupan itu, dimasukkan dalam program diet dengan jumlah dua ribu miligram perharinya.

Penelitian ini dilakukan dalam 10 tahun terakhir terhadap 23 ribu orang Swedia yang berumur 45 hingga 70 tahun. Selama kurun waktu itu, mereka melaporkan jadwal diet sehari-hari. Dan hasilnya, yang mengkonsumsi kalsium tertinggi memiliki peluang lebih rendah 25 persen untuk diserang penyakit yang menyebabkan kematian.

Menurut Kaluza, kalsium dapat mempengaruhi usia karena banyak hal. Misalnya kemampuan kalsium untuk mengurangi tekanan darah, kolesterol, atau kadar gula di dalam darah. Khusus bagi pria, penelitian ini merekomendasikan memperbanyak minum susu dan produk sereal. “Mereka yang mengkonsumsi keduanya memiliki resiko diserang penyakit paling rendah,” katanya.

MSNBC | MUSTAFA SILALAHI