www.sxc.hu
Topik
Suplemen Vitamin A Tidak Mengurangi Angka Kematian Ibu
TEMPO Interaktif, Jakarta -Ghana - Sebuah penelitian di Ghana, Afrika, menunjukkan bahwa suplemen vitamin A (ObaapaVitA) tidak mengurangi angka kematian ibu. Ini bertentangan dengan temuan terdahulu dari uji coba di Nepal yang menunjukkan penurunan 44 persen angka kematian ibu. Hasil riset baru ini dilaporkan secara online dan akan dimuat di The Lancet edisi mendatang.
Studi dilakukan oleh Betty R Kirkwood, profesor epidemiologi & kesehatan internasional, diselenggarakan di tujuh kabupaten di Brong Ahafo di Ghana. Para wanita yang berpartisipasi dalam percobaan ini dibagi menjadi 1.086 kelompok geografis kecil. Mereka berusia 15-45 tahun, menerima suplemen vitamin A suplemen atau kapsul plasebo sekali setiap pekan. Dua kelompok di setiap area lapangan secara acak dialokasikan untuk suplemen vitamin A dan dua plasebo. Kapsul dibagikan pada saat kunjungan ke rumah yang dilakukan setiap empat minggu.
Profesor Kirkwood mengatakan, "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin A seminggu sekali pada wanita usia reproduktif di pedesaan Ghana tidak memiliki efek menguntungkan bagi kelangsungan hidup mereka atau bagi kelangsungan hidup bayi mereka. Tidak ada efek terhadap tingkat kematian bayi, kelangsungan hidup bayi, seperti halnya yang ditunjukkan temuan percobaan sebelumnya di Nepal dan Bangladesh."
ScienceDaily/NF





