sxc.hu
Topik
Foto Terkait
Minuman Bersoda Bisa Picu Asma
TEMPO.CO, Australia - Mengkonsumsi banyak minuman bersoda bisa meningkatkan risiko penyakit asma dan penyakit gangguan paru kronis (chronic obstructive pulmonary disease-COPD) lain. Demikian hasil sebuah studi terbaru dari Australia Selatan, yang dirilis Februari 2012 ini.
Hampir 17 ribu orang berusia 16 tahun atau lebih tua di negara bagian Australia Selatan ditanya mengenai pola konsumsi mereka atas minuman bersoda (soft drink), seperti kola, air mineral beraroma, lemonade, Powerade, dan Gatorade.
Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal ‘Respiratory’ edisi Februari 2012 ini mengungkapkan, lebih dari 10 persen dari mereka mengatakan meminum lebih dari setengah liter minuman bersoda per hari. Jumlah itu sama dengan dua gelas berukuran 8 ons minuman bersoda setiap hari.
Menurut para peneliti, orang yang mengkonsumsi jumlah tersebut ternyata 1,2 kali lebih cenderung terkena asma dan 1,7 kali lebih cenderung mengalami COPD ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda.
"Penelitian kami menekankan pentingnya makan dan minum yang sehat demi mencegah penyakit-penyakit kronis seperti asma dan COPD," kata ketua peneliti, Dr Zumin Shi, dari University of Adelaide, dalam siaran pers jurnal tersebut yang dikutip Health Day edisi 7 Februari 2012.
Para peneliti mengatakan bahwa risiko penyakit tersebut ada hubungannya dengan dosis yang dikonsumsi. Artinya, semakin banyak mengkonsumsi minuman bersoda, semakin besar kecenderungan terkena COPD atau asma. Namun penelitian ini hanya menunjukkan asosiasi dan tidak membangun hubungan sebab-akibat.
Merokok juga meningkatkan risiko tersebut menjadi lebih tinggi, khususnya untuk COPD. Orang-orang yang merokok dan mengkonsumsi lebih dari setengah liter minuman bersoda setiap hari mempunyai peluang 6,6 kali lebih besar terkena COPD dibandingkan mereka yang tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman bersoda.
ARBA''IYAH SATRIANI | HEALTH DAY





