Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Penelitian: Mahasiswa Pakai Gadget di Ruang Kuliah  

image-gnews
AP/Kathleen Malone-Van Dyke
AP/Kathleen Malone-Van Dyke
Iklan

TEMPO.CO, Lincoln - Saat seharusnya mendengarkan penjelasan para dosen, mahasiswa zaman sekarang justru lebih suka menggunakan peralatan digital atau gadget di dalam kelas. Perilaku ini rata-rata dilakukan 11 kali dalam sehari. Demikian temuan sebuah penelitian yang baru dilakukan.

Dalam survei yang dilakukan di Amerika Serikat, lebih dari 80 persen mahasiswa mengatakan bahwa menggunakan tablet, laptop atau smartphone bisa mengganggu proses belajar mereka di kelas. Seperempat dari mereka mengaku bahwa nilai mereka pun mengalami penurunan akibat tindakan tersebut. Survei yang dilakukan pada 800 mahasiswa di enam universitas di lima negara bagian.

"Saya menduga mahasiswa tidak menganggap hal ini sebagai masalah," ungkap Barney McCoy, penulis hasil riset yang merupakan associate professor bidang broadcasting di University of Nebraska, Lincoln, seperti dikutip situs Health Day edisi 31 Oktober 2013. "Mereka berpikir bahwa hal tersebut bagian dari kehidupan mereka," lanjut dia seperti dilaporkan oleh Journal of Media Education edisi 23 Oktober 2013.

Menurut hasil riset, secara keseluruhan, 35 persen dari mahasiswa yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka menggunakan gadget untuk keperluan di luar kelas satu sampai tiga kali sehari, sementara 27 persen siswa melakukannya empat sampai 10 kali per hari dan 16 persen lainnya melakukan hal itu sebanyak 11-30 kali per hari. Sisanya, 15 persen, mengaku melakukannya lebih dari 30 kali per hari. Hanya 8 persen yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah menggunakan gadget untuk tujuan di luar kelas saat berada di dalam kelas.

Mengenai hal-hal yang dilakukan dengan gadget mereka di dalam kelas, hampir 86 persen mahasiswa mengatakan bahwa mereka melakukan pengiriman teks (SMS), 68 persen mengecek email, 66 persen mengaku menggunakan jejaring sosial, dan 38 persen mengatakan bahwa mereka berselancar di dunia maya. Sebanyak delapan persen mengaku bahwa mereka bermain game saat di dalam kelas.

McCoy mengatakan bahwa ia mengaku terkejut saat menemukan bahwa 79 persen mahasiswa menggunakan gadget mereka untuk mengecek waktu. "Itu sesuatu yang berkaitan dengan generasi, menurut saya, banyak anak muda yang tidak mengenakan jam tangan," ujar dia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ditanya mengenai kerugian menggunakan gadget di dalam kelas untuk keperluan di luar pendidikan, mahasiswa mengaku bahwa mereka jadi tidak memperhatikan pelajaran (90 persen), kehilangan informasi mengenai instruksi (80 persen), dan ditegur oleh pengajar (32 persen). Sebanyak 25 persen mahasiswa mengaku kehilangan nilai akibat perbuatan mereka itu.

Selain itu, kurang dari lima persen mahasiswa menyebutkan bahwa teman mereka di dalam kelas yang menggunakan gadget merupakan gangguan yang "sangat besar" atau "besar" . Kurang dari lima persen siswa yakin bahwa penggunaan gadget oleh diri sendiri merupakan gangguan yang "sangat besar" atau "besar".

Namun lebih dari 50 persennya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan gangguan "kecil". Hampir 46 persen mengatakan kalau mereka "sedikit" terganggu dengan penggunaan gadget oleh diri sendiri. Kurang dari 17 persen mengatakan kalau penggunaan gadget bukanlah sebuah gangguan.

HEALTH DAY I ARBA'IYAH SATRIANI

Baca juga:
Hacker Anonymous Indonesia Serang Australia

Gerhana Matahari Total Payungi Afrika

Menguji Hacker dalam Menjaga Keamanan

Kekurangan Kami Adalah Keunggulan Kami

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Oppo, Merek Smartphone Terlaris Kedua di Indonesia

14 November 2017

OPPO F5 akan hadir dalam tiga warna. (OPPO)
Oppo, Merek Smartphone Terlaris Kedua di Indonesia

Pangsa pasar Oppo Electronics mencapai 24 persen, terpaut 8 persen dari pemimpin pasar.


Anak Suka Main Gadget, Kapan Waktunya Periksa Mata

30 Oktober 2017

Ilustrasi anak main ponsel pintar. (Shutterstock.com)
Anak Suka Main Gadget, Kapan Waktunya Periksa Mata

Untuk mengurangi pemakaian gadget dan pengaruhnya pada mata, ajak anak beraktivitas di luar ruangan.


2 Gangguan Perilaku Anak yang Candu Gadget

21 Oktober 2017

Ilustrasi anak bermain gadget. Shutterstock
2 Gangguan Perilaku Anak yang Candu Gadget

Kondisi anggota keluarga yang berjarak satu sama lain gara-gara gadget disebut technoference.


Jawab Pertanyaan Ini Tanda Ayah Bunda Mencandu Gadget

21 Oktober 2017

Ilustrasi anak dan orang tua bermain gadget. itechgadget.com
Jawab Pertanyaan Ini Tanda Ayah Bunda Mencandu Gadget

Ayah bunda harus tahu, gara-gara gadget, anak merasa bersaing dengan teknologi demi menarik perhatian orang tua.


Anak Candu Gadget? Atasi dengan 'Deal Bersama'

20 Oktober 2017

Ilustrasi anak bermain gadget bersama orang tua. trymytutor.com
Anak Candu Gadget? Atasi dengan 'Deal Bersama'

Tips bagaimana berkompromi antara orang tua dan anak soal gadget


Mau Beli Headphone? Simak Ini, Suaranya Sejernih Berlian

16 Oktober 2017

Ilustrasi Headphone Nirkabel (pexels.com)
Mau Beli Headphone? Simak Ini, Suaranya Sejernih Berlian

Headphone ini disebut sebagai beberapa headphone bluetooth terbaik yang ada di pasaran. Harganya 7 jutaan


Waspada Ada Situs Penipuan Mencatut JD.ID, Jual Samsung S7 2 Juta

14 Oktober 2017

SItus penipuan mencatut JD.ID, Sabtu, 14 Oktober 2017.
Waspada Ada Situs Penipuan Mencatut JD.ID, Jual Samsung S7 2 Juta

Situs penipuan mencatut nama dan logo JD.ID yakni www.jd.id-promo-murah.com.


Sehari, Anak Usia 2-5 Tahun Maksimal 1 jam Bermain Gawai

30 September 2017

Ilustrasi anak bermain gadget bersama orang tua. trymytutor.com
Sehari, Anak Usia 2-5 Tahun Maksimal 1 jam Bermain Gawai

Steve Jobs dan Bill Gates membatasi anak-anak mereka dalam bermain gawai.


Ponsel Aman dari Kuman dengan Menggunakan PhoneSoap

25 September 2017

PhoneSoap, boks pembersih smartphone dengan inovasi sinar ultraviolet. Kredit: Mashable
Ponsel Aman dari Kuman dengan Menggunakan PhoneSoap

Selain membersihkan ponsel dengan inovasi sinar ultraviolet, PhoneSoap juga membuat ponsel terisi penuh.


Xiaomi Mi A1 Dirilis di Indonesia, Apa Kelebihannya?

20 September 2017

Peluncuran Xiaomi Mi A1 di Jakarta. Kredit: Zul'aini Fi'id/Tempo
Xiaomi Mi A1 Dirilis di Indonesia, Apa Kelebihannya?

Xiaomi merilis ponsel terbarunya Mi A1 di Jakarta, yang dibandrol dengan harga Rp 3,09 juta.