indonesia
INDONESIA
english
ENGLISH
rss
twitter
facebook
youtube
youtube
youtube

Satpol PP Diizinkan Memakai Senjata Api

Satpol PP Diizinkan Memakai  Senjata Api

Satpol PP. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kepemilikan senjata api untuk satuan polisi pamong praja memang dilindungi payung hukum. "Untuk memperlancar dan mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk mendukung ketentraman umum. Bukan untuk gagah-gagahan," kata Kepala Pusat Penerangan Kementrian Dalam Negeri Saut Situmorang, dikantornya, Selasa (6/7).

Dalam Peraturan Menteri Nomor 26 Tahun 2010 Tentang Penggunaan Senjata Api bagi Satpol PP menyebutkan senjata api adalah senjata gas air mata berbentuk pistol/revolver/senapan yang dapat ditembakkan dengan peluru gas atau peluru hampa dan stick (pentungan), senjata kejut listrik berbentuk stick (pentungan) dengan menggunakan aliran listrik stroom.

"Mekanisme perolehan izin penggunaannya sangat ketat meskipun hanya senjata gas air mata dan pentungan kejut listrik," ujar Saut. Kualifikasi pemberian izin jin, kata Saut, harus mendapatkan pelatihan dari kepolisian dan pemda. Penggunaannya hanya terbatas pada kondisi terpaksa dan mendesak.


MUNAWWAROH

Komentar (33)


Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi tempo.co. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan
0
0
perlu anda ketahui, pol pp tidak semuany arogan, yang selalu mencibir mereka adalah orang2 yang saya rasa bertentangan dengan peraturan pemerintah. setau saya sejak jman penjajahan satpol pp sudah ada di tengah2 masyarakat..
0
0
selama ini sat pol pp memang sudah menggunakan senjata api, belum pernah saya mendengar sat pol pp menembak seseorang. positif tinking aja lah, keputusan pemerintah adalah yang terbaik. kalo memang perlu penambahan senjata ya gak masalah buat saya, toh mereka tau hukum kok.
0
0
bagus dan setuju sejuta persen bahkan lebih, kalau perlu senjata yang mematikan biar tepat sasaran, sekali lagi heeeeebbbbbaaaaaaaaaaaattt. bravo satpol pp.
0
0
astaghfirullahh... ga pake beceng aja udah petantang petenteng... apalagi kalo udah bawa beceng??? ampyuuuunnnn....
0
0
alangkah baiknya bubarkan aja deh.....dari pada tambah parah entar, klu gak percaya lihat aja...! fikir2 dong klu mo kasih senpi ama satpol pp。。。
Selanjutnya
Wajib Baca!
X